25 September 2008

Lingkar Kepala

Sewaktu bayi baru lahir biasanya langsung diukur lingkar kepalanya, kemudian akan berlanjut terus. Pengukuran lingkar kepala secara rutin setiap 1 atau 2 bulan sekali, sampai usia 3 tahun.

Pertambahan ukuran lingkar kepala normal pada bayi cukup bulan adalah 2 cm/ bulan Selama 3 bulan pertama. Selanjutnya pertambahannya akan melambat. Cara mengukur lingkar kepala bayi adalah dengan menggunakan meteran kain, dilingkarkan pada bagian kepala yang paling besar. Lingkar kepala bayi baru lahir rata-rata adalah 35 cm. Untuk bayi perempuan umumnya antara 31-38 cm, bayi lai-laki 32-36 cm.

Hasil pengukuran akan dituangkan didalam kurva pertumbuhan lingkar kepala anak. Pengukuran lingkar kepala ini penting diperhatikan karena ketidaknormalan bisa terjadi. Mengenai hasil pengukurannya adala sebagai berikut:

1. Lebih besar 2 SD (standar deviasi) dari angka rata-rata.
Kondis ini biasanya mengambarkan otak yang besar (makrosevali). Penyebabnya antara lain hidrosevalus (kelainan akibat peningkatan jumlah cairan otak), atau megalensevali akibat perkembangan jaringan otak meningkat.
2. Lebih kecil 2 SD (standar deviasi) dari angka rata-rata.
Biasanya menggambarkan otak yang kecil (mikrosefali). Penyebabnya antara lain infeksi ketika hamil, kekurangan oksigen (hipoksia), kelainan bawaan, penyakit degenerative atau metabolik dan infeksi susunan syaraf pusat.
3. Bertambah sangat cepat dalam waktu singkat.
Pola pertumbuhan kepala tidak mengikuti laju pertumbuhan seperti yang terdapat dalam kurva.